PROFIL PERPUSTAKAAN DAARUL ILMI SDN BATUKARUT 3

PROFIL

PERPUSTAKAAN DAARUL ILMI

SDN BATUKARUT 3

UPTD TK SD KECAMATAN ARJASARI – KAB BANDUNG

“Menggali Potensi Diri Melalui membaca dan Sarana Rekreasi”

Sekapur Sirih

Dalam dunia pendidikan perpustakaan memiliki peran penting setelah guru dan peran tersebut sangat strategis untuk memajukan system pendidikan nasional. Betapa tidak , dalam setiap aktifitasnya perpustakaan melakukan kontak langsung dengan para siswa, dan guru yang membutuhkan sumber tambahan dalam penyampaian pelajaran di dalam kelas. Dalam situasi itu hubungan psikologis antara pustakawan dan siswa akan senantiasa terbangun. Interaksi. Dan itu berlangsung terus menerus sehingga pada gilirannya terbentuklah iklim hubungan yang memungkinkan untuk dilangsungkannya transfer pemahaman bahkan transfer karakteristik/kepribadian. Dengandemikian kiranya kita sudah memahami betapa vitalnya peran dan fungsi guru dalam dunia pendidikan sehingga tiada satu teknologi canggih pun yang dapat menggantikan eksistensi pustakawan dan guru.

Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang mempunyai tugas membantu dalam pencapaian kecerdasan bangsa. Dari segi kuantitas pertumbuhan perpustakaan mengalami perkembangan yang signifikan, dengan bermunculannya berbagai perpustakaan, baik perpustakaan pemerintah maupun swasta, hanya saja dalam hal kualitas, petumbuhannya masih lamban. Seperti tertuang dalam Undang-Undang Perpustakaan Pasal 23, setiap sekolah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memerhatikan standar nasional pendidikan.


Perpustakaan wajib memiiki koleksi buku teks pelajaran yang telah ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan dalam jumlah mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. Perpustakaan mengembangkan pula koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan. Perpustakaan sekolah mempunyai tugas lain pula, yakni melayani peserta didik kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan bersangkutan.

       Perpustakaan diharapkan mengembangkan layanan perpustakan berbasis tehnologi informasi dan komunikasi. Perpustakaan dengan kesadaran bahwa perpustakaan salah satu sarana pendidikan yang sangat penting. Lewat perpustakaan sekolah diharapkan tumbuh budaya baca sedari dini dan nantinya menulis. “Perpustakaan itu jantung dari pendidikan dan sekolah”.

VISI

Menggali Potensi Diri Melalui Membaca dan Sarana Rekreasi

 Misi

  • Mewujudkan Perpustakaan yang Sejuk, dan Menarik

  • Menyediakan informasi yang Up to date

 Strategi

  1. Menjadikan Perpustakaan sebagai Tempat koordinatif sekaligus sebagai wahana pertukaran informasi bagi anggotanya

  2. Mencari / menciptakan berbagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kadar intelektualitas, menumbuhkan jiwa pengabdian dan merangsang sense of responsibility dikalangan anggota pada khsususnya dan pada kalangan pustakawan dan guru pada umumnya.

  3. Secara pro aktif membantu pemerintah dalam menetapkan kebijakan dibidang layanan perpustakaan.

Layanan Perpustakaan

 Pendaftaran/peminjaman
* Pengembalian
* Peraturan dan sangsi
* Penempatan koleksi
* Klasifikasi koleksi: Umum, keagamaan
* Susunan koleksi di rak

Sekilas Perpustakaan

Perpustakaan SD N BATUKARUT 3 berdiri tahun 2011.

Tujuan
Perpustakaan SDN Batukarut III bertujuan untuk :
* Pendidikan Menunjang kurikulum sekolah/yayasan
* Informasi Membekali para murid dengan ketrampilan mencari dan mengevaluasi informasi
* Pengembangan pribadi anak
* Penelitian sederhana dan rekreasi

STRUKTUR ORGANISASI DAN PERSONALIA PERPUSTAKAAN

Kepala Perpustakaan : IIM TJINTAWATI Ama.Pd

Pengawasan : Heri Sumarli S.Pd

Pengelola Koleksi : Yadi Kurniadi

Administrasi : Siti Rohmatillah

Absensi dan Selving : Panji Singgih Sumarli
Referensi : Rendi

Sirkulasi : Indra Rukayat

 Program Kerja

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya … (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SDN BATUKARUT 3 berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan

Sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.

TUJUAN UMUM

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di Kabupaten Bandung serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi Sekolah.

TUJUAN KHUSUS

  1. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sector kehidupan;

  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;

  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna;

  4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;

  5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakan siswa;

  6. Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;

  7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri;

TUJUAN STRATEGIK

  1. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;

  2. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK;

  3. Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;

  4. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;

  5. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;

FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SDN Batukarut 3,

perpustakaan sekolah berfungsi: Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;

  1. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SDN Batukarut 3

  2. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;

  3. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;

  4. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.

Keanggotaan Perpustakaan

Keanggotaan Perpustakaan SDN Batukarut 3 terbuka bagi seluruh siswa yang memiliki visi, misi, dan komitmen yang sama serta menyatakan kesediaannya menjadi anggota berikut konsekwensinya.

  1. Para siswa SDN Batukarut 3

  2. Kepala sekolah dan guru SDN Batukarut 3

  3. Staf administrasi dan tatalaksana SDN Batukarut 3

Sekretariat

Sekretariat Perpustakaan SDN Batukarut 3 berkedudukan di gedung Perpustakaan SDN Batukarut 3 Desa Mangunjaya Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung Tlp 081320368529

Demikian progress report yang dapat kami sampaikan sebagai bentuk pertanggunjawaban public atas kinerja yang sudah ditempuh oleh Perpustakaan SDN BATUKARUT 3 dari sejak berdirinya sampai saat ini.

 

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s