EARTH DAY SDN BATUKARUT 3 & Bandung International School

Hari Bumi Atau Earth Day

Sejarah Hari Bumi Atau Earth Day
Saya yakin tidak semua orang tahu akan hari besar dunia ini kususnya mungkin di Indonesia, tapi tidak untuk Masyarakat Dunia. Ayo kita cari tahu Sejarah Hari Bumi Atau Earth Day itu seperti apa? Hari besar dunia yang di peringati setiap tanggal 22 April ini pertama kali di selenggarakan pada tahun 1970 tepat tanggal 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson seorang Senator Amerika Serikat dari Wisconsin beliau juga seorang Pengajar Lingkungan Hidup.

Sejarah panjang beliau untuk hari bumi mulai di lakukan sejak tahun 1969. Gaylord Nelson menyatakan bahwa “perlunya isu-isu lingkungan hidup masuk kurikulum resmi perguruan tinggi” yang akhirnya gagasan tersebut mendapatkan dukungan sangat luas.
Gagasan yang di cetuskan oleh Gaylord Nelson mencapai puncak tepat tanggal 22 April 1970 yang menjadi salah satu hari besar dunia yang kini kita rayakan bersama. Pada saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun kejalan untuk berdemonstrasi sehingga memadati Fifth Avenue di New York dalam aksinya adalah mengecam para perusak bumi. Di tegaskan kembali pada Majalah TIME jumlah orang yang turun dalam partisipasi aksi demonstrasi tersebut mencapai 20 juta manusia pada 22 April 1970.

Momen yang yang menjadi tonggak sejarah tercetusnya Hari Bumi pertama kali di dunia. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) di peringati.

Aksi Partisipasi SDN BATUKARUT 3 & Bandung International School Untuk Hari Bumi Atau Earth Day

Harapan untuk kita semua tentunya tidak hanya pada tanggal 22 April saja dan hanya setiap tahunnya saja kita merayakan dan menunjukkan aksi kita tidak lagi dengan berdemonstrasi tetapi bagaimana agar bumi kita tetap aman. Aktifitas dan bentuk apresiasi bahwa kita adalah orang yang peduli akan hal itu mungkin bisa melakukannya mulai dari sekarang dari hal yang paling kecil dulu kita awali seperti.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s